Mata kuliah Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan (19MPI0305) merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI-S3)  yang harus dikuti oleh mahasiswa Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Mata Kuliah ini terdiri dari  3 SKS, dengan tujuan perkuliahan untuk membimbing mahasiswa memahami dengan baik dan mendalam Filosofi, Konsep Dasar Metodologi, Desain, dan langkah-langkah penelitian (QuatitativeQualitative & Mixed Methode). Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menggunakan salah satu atau beberapa desain penelitian dalam metodologi QuatitativeQualitative & Mixed Methode tersebut untuk penulisan disertasi ataupun tugas akhir.

Output Perkuliahan: 

(i) Mahasiswa diminta menghasilkan satu draf konsep paper (concept paper) yang siap untuk disubmit ke Jurnal bereputasi tinggi. Concept paper ini sangat penting bagi mahasiswa sebagai syarat untuk bisa diujikan Disertasi.

(ii) Memantapkan penulisan proposal disertasi dengan memilih design penelitian yang relevan dengan permasalahan yang diangkatkan dalam rencana disertasi tersebut. Sehingga setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa sudah bisa melaksanakan seminar proposal pada awal semester berikutnya. 

Skill Level: Beginner