Mata kuliah ini mencakup metode-metode penelitian dari tiga pendekatan, yaitu: kuantitatif, kualitatif dan metode campuran (mixed method). Sebagai pendahuluan akan didiskusikan makna penelitian dan konteks yang menjadi latar belakang berkembangnya pendekatan-pendekatan penelitian di bidang ekonomi syariah. Kemudian akan didiskusikan dasar-dasar masing-masing metode penelitian sebagai upaya untuk menyusun perencanaan penelitian pendidikan. Diskusi dilanjutkan dengan membahas tahapan pelaksanaan penelitian di lapangan yaitu teknik pengambilan sampel atau pemilihan subyek penelitian, strategi pengambilan data, instrument dan teknik analisisnya. Diskusi juga mencakup mengenai validitas dan reliabilitas penelitian. Setelah jeda ujian tengah semester, dilanjutkan dengan diskusi hasil reviu berbagai jenis penelitian baik yang menggunakan metode kuantitatif, kualitatif maupun campuran. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa berlatih menyusun perencanaan penelitian dan mempresentasikannya. Diharapkan mahasiswa dapat segera menyusun tema penelitian dan memilih metode penelitian yang cocok bagi mereka. 

Mata kuliah ini membahas karakteristik studi Islam berdasarkan latar belakang dan tujuan studi; pengertian agama, unsur-unsur, fungsi dan urgensi agama bagi kehidupan manusia; Menjelaskan sumber-sumber ajaran Islam : Alquran, Hadis dan Ijtihad / Al-Ra’yu; klasifikasi pokok-pokok ajaran Islam : Akidah, syariah dan akhlak (Iman, Islam dan Ihsan); Islam dalam perpsektif historis / sejarah dan kebudayaan Islam; Islam dalam perpsektif politik, hukum dan sosial kemasyarakatan; Islam dalam perpsektif pendidikan dan dakwah Islam; Islam dari perspektif filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi; Respons Islam terhadap  reformisme, fundamentalisme, radikalisme dan liberalism; Studi Islam di Barat, Timur Tengah dan Nusantara (Corak dan Karakteristiknya); Menjelaskan Ajaran Islam dan Respons Terhadap Isu Kesetaraan Gender;  Ajaran Islam dan Isu Human Right (HAM) dan Islam, Prinsip-Prinsip Demokrasi serta Negara Bangsa

Mata kuliah metodologi penelitian menekankan pengetahuan tentang bagaimana mahasiswa dapat melakukan penelitian ilmiah dengan benar sesuai dengan konsep dasar penelitian ilmiah. Dengan mempelajari metode penelitian, maka mahasiswa memahami langkah-langkah penelitian dari mulai merumuskan masalah, menyusun landasan teori, merumuskan hipotesis, menyusun instrumen penelitian, menentukan sampel, mengumpulkan data, menganalisa data, menyimpulkan hasil penelitian dan menyusun proposal Tesis


Mata kuliah manajemen Resiko Bank syari’ah membahas resiko- resiko yang dihadapi lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan syariah. Pembelajaran mata kuliah ini akan mengkaji lebih dalam bagaimana pengelolaan risiko keuangan yang dihadapi lembaga keuangan syariah. Selain itu, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan berbagai aspek risiko seperti jenis dan sumbernya serta proses pengelolaan resiko. Mahasiswa juga akan menganalisis kasus-kasus terkait topik resiko dalam konsep teori, regulasi maupun aspek ekonomi syariahnya.


Mata kuliah manajemen pemasaran syariah dimaksudkan dalam mengembangkan penerapan konsep, teori, dan metode manajemen pemasarna syariah dan disiplin ilmu lainnya yang terkait. Mahasiswa diharapkan mampu  menerapkan metodologi riset untuk pengembangan penerapan konsep, teori, dan metode manajemen pemasaran  dan disiplin ilmu. Mampu mengambil keputusan atas berbagai pilihan teori dan metode akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, auditing  dan disiplin ilmu lainnya yang terkait dengan pendekatan inter dan multi disiplin sesuai dengan kebutuhan organisasi dan masyarakat.