Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan dan melengkapi mahasiswa dengan wawasan dan kemampuan berpikir lateral dan sistemik dalam menganalisis berbagai konsep dasar dan fungsi manajemen mutu pendidikan dan operasionalisasinya dalam peningkatan mutu pendidikan Islam dan sistem pendidikan nasional.

Tujuan khusus perkuliahan Manajemen Mutu Pendidikan ini adalah agar mahasiswa:

  1. Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar, fungsi dan peran manajemen mutu terpadu pendidikan dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan nasional.
  2. Memiliki kemampuan memfungsikan prosedur manajemen mutu terpadu pendidikan dalam upaya peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan Islam.
  3. Memiliki pengalaman empirik dalam menemukenali aspek-aspek implementasi manajemen mutu terpadu pendidikan dalam pengelolaan pendidikan Islam, disertai kajian faktor pendukung dan penghambatnya secara nasional maupun global.
  4. Memiliki kemampuan untuk melakukan diagnosis faktor-faktor penyebab terjadinya permasalahan dalam implementasi manajemen mutu terpadu pendidikan bidang pendidikan Islam secara nasional maupun global.
  5. Memiliki sikap dan ketrampilan melakukan komunikasi profesional di antara para pakar, administrator dan pendidik, dalam upaya mengembangkan gagasan/ide pemecahan masalah pengelolaan pendidikan Islam secara nasional maupun global.

Skill Level: Beginner