Matakuliah ini disajikan pada Program Pasca Sarjana UIN Raden Intan Lampung Prodi Filsafat Islam Semester I.

Dengan harapan mahasiswa mampu menelusuri aspek kesejarahan pertumbuhan dan perkembangan Hadits. dan juga dapat memahami metode dalam pemahami hadits baik tekstual maupun kontekstual serta penerapannya pada hadits-hadits tematik.

Tasawuf Sosial adalah Matakuliah inti pada Program Studi Filsafat Agama. Matakuliah ini diberikan kepada mahasiswa untuk memberikan komptensi tentang tasawuf dalam setting sosial. Tasawuf tidak hanya difahami dalam konteks historisnya yang hanya lebih mementingkan keshalehan individu, tapi pada materi ini tasawuf diajarkan dan diamalkan dalam situasi sosial kekinian. sehingga ajaran Islam yang berdimensi tasawuf dapat berkembang dan mengikuti situasi dan kondisi perkembangan zaman yang dijalani umat manusia.

Sosiologi Agama adalah mata kuliah kompetensi pendukung prodi Filsafat Agama pada Program Pascasarjana S.2 UIN Raden intan Lampung. Meski sebagai penunjang keahlian mata kuliah ini cukup urgen disajikan dalam membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan meneliti pada aspek sosial keagamaan.