Mata kuliah Manajemen Pelayanan Publik merupakan salah satu mata kuliah pilihan di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas UIN Raden Intan Lampung. Mata kuliah ini mengkaji tentang pentingnya kajian pelayanan publik. Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan teori pelayanan publik, menganalisis fenomena/masalah pelayanan publik ditinjau dari: beberapa pendekatan dalam menganalisis pelayanan, metode yang digunakan dalammenganalisis masalah-masalah pelayanan publik berdasarkan spesifikasi/ jenis-jenis pelayanan, peran pemerintah dan lembaga lainnya dalam upaya mewujudkankualitas pelayanan publik. 

Dengan menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:

1. Mengetahui memahami, dan menganalisis tentang konsep maupun teori manajemen pelayanan  pubik yang meliputi: perubahan paradigma administrasi publik ke arah manajemen pelayanan publik, pelayanan publik dalam kerangka public management  dan governance, desentralisasi pelayanan publik, peran dan fungsi birokrasi, kualitas pelayanan publik, dan pentingnya aspek etika dalam manajemen pelayanan publik

2. Mengetahui, memahami dan menganalisis Kajian Aplikasi Manajemen Pelayanan Publik meliputi: desain pelayanan menuju good customer services, pentingnya kompetensi dan ketrampilan dalam mewujudkan kualitas layanan di tingkat manajerial dan operasional.


Skill Level: Beginner