1. Matakuliah ini membahas konsep dasar, teori, prinsip, ruang lingkup, proses dan aspek manajemen pendidikan. Cakupan bahasan matakuliah ini adalah:
  2. Konsep dasar manajemen pendidikan: pengertian manajemen dan administrasi, organisasi dan manajemen pendidikan, hakikat, peran, fungsi dan ruang lingkup manajemen pendidikan, manajemen sebagai sistem
  3. Falsafah dan teori manajemen pendidikan: falsafah manajemen,berbagai pendekatan dalam manajemen pendidikan: klasik, neo klasik dan modern, perkembangan teori manajemen
  4. Alat dan penerapan fungsi-fungsi manajemen: planning, organizing, staffing,actuiting/ kepemimpinan, dan controlling. Bidang garapan dalam manajemen pendidikan: kurikulum atau program pendidikan, kesiswaan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana pendidikan, keuangan dan pembiayaan, manajemen ketatalaksanaan lembaga pendidikan, manajemen hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, manajemen sistem informasi pendidikan.
  5. Kepemimpinan dalam organisasi: Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan, Tipe dan Gaya Kepemimpinan, Pengertian dan Struktur Organisasi Lembaga Pendidikan, Jalur, Jenjang dan Jenis Lembaga Pendidikan, Kriteria Keberhasilan Lembaga pendidikan.
  6. Supervisi Pendidikan: Pengertian Supervisi Pendidikan, Jenis-jenis Supervisi Pendidikan, Teknik-teknik Supervisi Pendidikan, Konsep Supervisi Akademik, Supervisi Administrasi dan Supervisi Lembaga.


Skill Level: Beginner