Selamat datang di kelas online “Pembelajaran Ekologi untuk Melestarikan Lingkungan!” Kelas ini didesain untuk membantu Anda memahami konsep dasar ekologi dan aplikasinya dalam aksi kritis untuk melestarikan lingkungan. 

Deskripsi Pembelajaran:

Pembelajaran ini mengajak Anda untuk menggali secara mendalam konsep-konsep ekologi, memberikan pemahaman yang kuat tentang bagaimana interaksi antara organisme dan lingkungan dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem. Secara garis besar Anda akan belajar tentang:

1. Prinsip Dasar Ekologi: (a) Konsep-konsep populasi (istilah-istilah tentang natalitas, mortalitas, imigrasi, emigrasi, kerapatan/kepadatan, penyebaran, pertumbuhan populasi, dan interaksi interpopulasi; (b) Konsep-konsep komunitas (istilah tentang spesies kunci vs spesies dominan dan peran dalam komunitas, indeks diversitas, faktor keragaman komunitas, rantai makanan, jaring makanan, interaksi intra spesies (++, +-, +0; –); (c) Konsep-konsep ekosistem (piramida makanan, aliran energi, siklus air, siklus biogeokimia, reservoir organik, anorganik dapat dimanfaatkan organisme, atau tidak dapat dimanfaatkan, dan proses aliran siklusnya).

2. Penerapan Konsep dan Prinsip Dasar Ekologi untuk Menyelesaikan Masalah Lingkungan: Peran manusia dan alam (iklim dan perubahan faktor alam atau non-manusia) terhadap ekosistem, landskap, atau biosfer;  mengangkat isu penting seperti global warming, perubahan iklim, kebakaran hutan, ilegal logging/penebangan pohon ilegal, krisis air, penipisan lapisan ozon, upaya menemukan biosfer di luar angkasa atau ekologi buatan atau eksobiologi atau biologi antariksa.

Model Pembelajaran:

Kelas ini dirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran aktif, interaktif, konektif, dan kolaboratif yang tidak hanya berorientasi pada pemahaman konsep ekologi, tetapi juga mengedepankan aksi kritis dalam merespon tantangan lingkungan. Pembelajaran ini dapat disebut dengan model SAKALIMA. Model ini terdiri dari 5 (lima) tahap: Inisiasi, Imajinasi-Representasi, Konstruksi, dan Aplikasi. Berbagai pengalaman bermakna dapat Anda peroleh melalui aktivitas belajar yang menantang, antara lain:

1. Curah pengalaman terkait isu lingkungan

2. Studi kasus tentang isu-isu lingkungan

3. Menyaksikan video interaktif yang memandu Anda menjelajahi konsep-konsep utama dengan ilustrasi grafis dan studi kasus.

4. Forum diskusi yang menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk berdiskusi, bertukar ide, dan berbagi pengalaman satu sama lain.

5. Melakukan aksi kritis berupa proyek penyelesaian masalah lingkungan yang menantang untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh ke dalam situasi dunia nyata.

6. Kajian sumber belajar tambahan berupa materi bacaan, jurnal, dan sumber-sumber terbaru dalam bidang ekologi untuk mendukung pemahaman lebih lanjut dan memperkaya wawasan.

Manfaat Pembelajaran:

Pembelajaran ini dapat membangun hard skills dan soft skills Anda, misalnya mencakup hal-hal sebagai berikut:

1. Mempunyai wawasan baru tentang prinsip-prinsip dasar ekologi dan keterkaitannya dengan pelestarian lingkungan.

2. Keterlibatan dalam aksi kritis menyelesaikan masalah lingkungan untuk mendukung keberlanjutan.

3. Memiliki keterampilan transversal abad ke-21 (berpikir ilmiah, berpikir sistem, berpikir kritis, berpikir inovatif).

4. Memiliki keterampilan komunikasi, membangun jejaring, kolaborasi, pemecahan masalah dan kepemimpinan.

5. Menerima sertifikat penyelesaian kegiatan pembelajaran sebagai apresiasi atas usaha dan pencapaian Anda.

Ikutilah pembelajaran ini dengan semangat dan jadilah agen perubahan untuk melestarikan lingkungan melalui pemahaman ekologi yang mendalam. Mari kita bersama-sama menciptakan masa depan yang berkelanjutan!

 


Skill Level: Beginner