Materi 1 : Nikah

Materi 2 : Nazhar

Materi 3 : Mahar

Materi 4 : Khulu’

Materi 5 : Talak

Materi 6 : Ila’

Materi 7 : Li’an

Materi 8 : Iddah

Materi 9 : Hadhanah

Materi 10 : Nafkah

Materi 11 : Poligami






KODE MATA KULIAH

Program Studi

BOBOT (sks)

Smtr

Tanggal Penyusunan

 

 

 

HKI.2042

Hukum Keluarga Islam (HKI)

         2

IV (empat)

Pebruari 2022/2023

 

 

 

OTORITASI

 

Dosen Pengampu

 

 

Ka. Prodi HKI

           

Dekan  Ebisyar

 

 

 

      Dr. Huzaini.M.Sy

      NPA.2021533

 

 

Diyah Ayu Vijaza Laksmi,M.H

NPA.2021599

 

 

    Dr. Huzaini, M.Sy

    NPA.2021553

B.        Capaian Pembelajaran (CP)

CPL Prodi                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

 

 

S.1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

S.2

Menjunjung  tinggi nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan  etika

 

S.3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

S.4

Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

 

P.1

Mahasiswa  Mampu  Menguasai  pengetahuan dan langkah-langkah dalam  menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik).

 

P.2

Mahasiswa Mampu Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan.

 

P.3

Mahasiswa mampu menguasai konsep dan kaidah-kaidah terkait dengan fiqih munakahat

 

P.4

Mahasiswa mampu menguasai konsep dan teori terkait dengan munakahat dalam perspektif hukum positif

 

KU.1

Mahasiswa Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

 

KU.2

Mahasiswa Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

 

KU.3

Mahasiswa Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

KU.4

Mahasiswa Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja;

 

 

KK.1

Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan meneapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang munakahat.

 

KK.2

Mahasiswa mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang munakahat berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

KK.3

Mahasiswa menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk  pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja.

 

KK.4

Mahasiswa mampu mengolah data dan informasi serta menggunakan teknologi terkait dengan pelaksanaan hukum Islam dalam negara Pancasila.

 

CP-MK

 

 

M1

Mampu menjelaskan materi yang akan diajarkan

 

M2

Mampu menafsirkan dan  menjelaskan prinsip dan  kaidah  mekanisme  pernikahan.

 

M3

Mampu menunjukkan, menafsirkan dan menentukan prinsip dan  kaidah  ilmu  munakahat

 

M4

Mampu merumuskan, menafsirkan dan menganalisa konsep  khulu’

 

M5

Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan mengidentifikasi jenis-jenis talak dan rujuk

 

M6

Mampu menganalisa dan menyimpulkan konsep dan prinsip perilaku ila’ dan zhihar

 

 

M7

Mampu menafsirkan, menganalisa dan menyimpulkan perilaku li’an

 

Ujian Tengah Semester (UTS)

 

M8

Mampu menafsirkan, menganalisis dan menyimpulkan konsep iddah dan ihdad

 

M9

Mampu menafsirkan, menganalisis dan menyimpulkan konsep radha’ah

 

M10

Mampu menafsirkan, mengsintesa dan menganalisa konsep hadhanah

 

M11

Mampu menafsirkan dan menganalisa jenis-jenis nafkah

 

M12

Mampu memahami dan menafsirkan akad melalui video call, poligami tanpa sepengetahuan istri dan nikah janda tanpa wali

 

M13

Mampu menafsirkan, mengidentifikasi dan menganalisa nazhar foto, nikah dengan niat cerai dan menikah dalam kondisi hamil akibat zina

 

M14

Mampu merekam semua pembelajaran selama perkuliahan

 

Ujian Akhir Semester (UAS)

C.   Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep ilmu pernikahan dalam Islam. Pembahasan meliputi pengertian, hukum dan aspek
munakahat lainnya. Sedangkan tujuan pengajaran agar mahasiswa mendapatkan dasar ilmu tentang munakahat, yang berkenaan
dengan perilaku rumah tangga yang bertujuan untuk memaksimalkan kepuasan yang bertujuan untuk memaksimalkan hubungan
berumah tangga. Aplikasi diberikan dengan maksud agar mahasiswa memperoleh gambaran riil dari teori-teori yang
diperolehnya dan dapat dilaksanakan setelah menikah.

 

D.  Karakteristik Pembelajaran

 

E.                    E. Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

Materi 1 : Nikah

Materi 2 : Nazhar

Materi 3 : Mahar

Materi 4 : Khulu’

Materi 5 : Talak

Materi 6 : Ila’

Materi 7 : Li’an

Materi 8 : Iddah

Materi 9 : Hadhanah

Materi 10 : Nafkah

Materi 11 : Poligami

 

F.   Refrensi

Utama

 

 

 

 

 

1.    Al-Faqihi Ali Muhammad, dkk, Al-Fiqhu al-Muyassaru fi Dhai al-Kitab wa as-sunnah, (Riyadh: Kementrian Urusan Agama Wakaf dan Dakwah) 1425/2004M.

2.     Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah (Jakarta: Pustaka Abdi Bangsa, 2017

3.    Al-Fauzan Saleh, Al-Mulakhkhash al-Fiqhiy, (Damam, Dar Ibnu al-Jauzy, 1994)

4.    Al-Jazairi Abu Bakr, Minhajul Muslim, (Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2015)

5.    Az-Zukhaily Wahbah, al-Fiqhu al-Islamy wa adillatuhu, (Damaskus: Dar al-Fikr 1405/1985) Juz 7

6.    Al-Andalusy, Ibnu Rusdy, Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid, (Beirut, Dar al-Fikr, 2014)

7.    Sayyid Salim Abu Malik, Shahih Fiqhus As-Sunnah,(Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, 2016)

 

Pendukung

 

 

1.      Karya Ilmiyah Jurnal dll.

 

G. Media Pembelajaran

 

Media ajar slide power point.Buku Ajar, RPS , Proyektor ,Leptop dll.

 

 

 

H.                Jabaran Materi untuk Tiap Pertemuan

Minggu/Pertemuan Ke-

Sub CP-MK

Indikator Penilaian

Kriteria Penilaian

Metode Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Bobot Nilai

(%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

I

Mampu menjelaskan materi yang akan diajarkan. Dengan Mahasiswa.

Mampu Memahami  materi yang akan diajarkan. Dengan Mahasiswa

 

-            Ketepatan
menjelaskan Materi  masing  masing

-            Ketepatan
dalam
menjelaskan
materi yang
akan diajarkan

 

 

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

-       Tes Tertulis

-       Wawancara

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Kontrak belajar

-       Pengantar Fikih Munakahat

-       Membahas tujuan,
materi, strategi, evaluasi, tugas
dalam perkuliahan

 

 

     5 %

 

 

 

II

 

Mampu menafsirkan dan  menjelaskan prinsip dan kaidah mekanisme pernikahan

Ketepatan
menjelaskan tentang
prinsip dan kaidah
mekanisme
pernikahan

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi Nikah dan
Dalil

-       Hikmah dan Hukum
Nikah

-       Memilih Istri dan adab
Khitbah

-       Hukum nadzor kepada
pinangan

-       Syarat dan Rukun
Nikah

-       Perempuan-Perempuan
yang haram dinikahi
(selamanya dan temporer )

-       Hukum Menikahi
Wanita Non-Muslim

5%

III

Mampu menunjukkan, menafsirkan dan menentukan prinsip dan kaidah ilmu munakahat

Ketepatan
menjelaskan tentang
prinsip dan kaidah
ilmu munakahat

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi dan dalil
Mahar

-       Batasan dan hikmah
disyaratkannya mahar

-       Hukum Berlebihan
dalam mahar

-       Hak suami istri

-       Walimah dan Hukum
Menghadirinya

5%

IV

Mampu merumuskan, menafsirkan dan menganalisa konsep khulu’

Ketepatan
menjelaskan tentang
konsep khulu

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi, Dalil dan
Hikmah dari Syari’ah
Khulu’

-       Hukum-Hukum Terkait
Khulu’

-       Definisi, Dalil dan
Hikmah dari Syari’ah
Khulu’

-       Hukum-Hukum Terkait Khulu’

 

10%

V

Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan mengidentifikasi jenis-jenis talak dan rujuk

Ketepatan
menjelaskan tentang
jenis-jenis talak dan
rujuk

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi, Dalil dan
Hikmah Talaq

-       Hukum Talaq dan
Kewenangan
Menjatuhkan Talaq?

-       Lafadz Talak

-       Hukum Talaq Sunnah

-       Hukum Talaq Bid’ah
Rujuk

 

10%

VI

Mampu menganalisa dan menyimpulkan konsep dan prinsip perilaku ila’ dan zhihar

Ketepatan
menjelaskan tentang
konsep dan prinsip perilaku ila’ dan
zhihar

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi Ila’ dan
Dalilnya

-       Syarat dan Hukum Ila

-       Hukum- Hukum Terkait
Ila’

-       Definisi dan Dalil
zhihar

-       Hukum dan Kaffarat
zhiha
r

10%

VII

Mampu menafsirkan, menganalisa dan menyimpulkan perilaku li’an

Ketepatan
menjelaskan tentang
li’an

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi, Dalil Li’an dan
Hikmahnya

-       Syarat dan Tata Cara Li’an

-       Hukum-Hukum Terkait Li’an

10%

VIII

Ujian Tengah Semester (UTS)

IX

Mampu menafsirkan, menganalisis dan menyimpulkan konsep iddah dan ihdad

Ketepatan
menjelaskan tentang
konsep iddah dan
ihdad

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi, Dalil dan
Hikmah Iddah

-       Jenis-Jenis Iddah

-       Konsekuensi Iddah

-       Definisi dan dalil Ihdad

 

10%

X

Mampu menafsirkan, menganalisis dan menyimpulkan konsep radha’ah

Ketepatan
menjelaskan tentang
konsep radha’ah

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi dan Dalil Radha’ah

-       Rukun dan syarat radha’ah

-       Ukuran radha’ah yang mengharamkan

-       Larangan karena radha’ah

10%

XI

Mampu menafsirkan, mengsintesa dan menganalisa konsep hadhanah

Ketepatan menjelaskan tentang
konsep hadanah

 

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

 

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi dan Dalil Hadanah

-       Syarat dan
Penghalang Hadanah

-       Hukum-Hukum Terkait
Hadanah

5%

XII

Mampu menafsirkan dan menganalisa jenis-jenis nafkah

Ketapatan
penjelasan tentang
jenis-jenis nafkah

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Definisi dan dalil nafkah

-       Jenis – jenis nafkah

 

5%

XIII

Mampu memahami dan menafsirkan akad melalui video call, poligami tanpa sepengetahuan istri dan nikah janda tanpa wali

Ketepatan
menjelaskan tentang
akad melalui video
call, poligami tanpa
sepengetahuan istri
dan nikah janda
tanpa wali

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Nikah Janda Tanpa
Wali

-       Akad Melalui Video
Call

-       Poligami Tanpa
Sepengetahuan Istri
Pertama

 

5%

XIV

Mampu menafsirkan, mengidentifikasi dan menganalisa nazhar foto, nikah dengan niat cerai dan menikah dalam kondisi hamil akibat zina

Ketepatan
menjelaskan tentang
nazhar foto, Nikah
dengan niat cerai
dan menikah dalam
kondisi hamil akibat
zina

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

Tes Tertulis

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

-       Nadzar Foto

-       Nikah dengan niat
cerai

-       Menikah Dalam Kondisi Hamil Akibat Zina

10%

XV

Mampu merekam semua pembelajaran selama perkuliahan

Ketepatan menjelaskan materi
materi yang sudah
dipelajari

Kriteria:

-       Kehadiran

-       Keaktifan

-       Kedisiplinan

Bentuk Penilaian:

 

-          Diskusi

-          Ekspositori

-          Penugasan

 

Diskusi dan evaluasi

5%

 

 

 

Komponen Penilaian:

a.    Kehadiran : 30%

b.    Tugas Mandiri : 20%

c.    UTS : 20%

d.   UAS : 30%

Total  Nilai :100%

 

 

 

 


Skill Level: Beginner