Pengukuran (measurement) adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu. Dalam konteks hasil belajar atau alat ukur atau instrument tersebut dapat berbentuk tes atau non-tes.

Penilaian (assesment) adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kualitatif. Penilaian dilakukan setelah mengukur. Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Keputusan yang dimaksud adalah keputusan tentang nilai peserta didik, kenaikan kelas atau kelulusan.

Evaluasi (evaluation) adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan. Selanjutnya, evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistemastis, berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan dan penetapan kualitas ( nilai dan arti) pembelajaran terhadap berbagai komponen pembelajaran sebagai pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Skill Level: Beginner