Tauhid dan Ilmu Kalam merupakan salah satu disiplin keilmuan yang telah tumbuh dan berkembang di antara tradisi kajian keislaman yang lain seperti Tafsir, Hadits, Fiqh, Tasawuf, dan Filsafat. Secara sederhana Ilmu Kalam bisa disebut sebagai ilmu yang berbicara mengenai aspek-aspek ketuhanan dan sejarah pemikiran dan perdebatan ketuhanan dalam Islam. Oleh karena itu, Tauhid dan Ilmu Kalam menempati posisi paling pokok dalam pemahaman ajaran Islam. Karena pentingnya juga, seringkali penyampaiannya dilakukan melalui pendekatan doktrinasi dan dogmatis.

           Adapun RPS Mata kuliah Tauhid dan Ilmu Kalam ini akan diarahkan pada aspek kajian historis sejarah pemikiran Kalam dalam Islam. Dimulai dengan pengenalan terhadap Ilmu Kalam, mahasiswa selanjutnya akan dikenalkan terhadap aliran-aliran yang berkembang dalam ranah Ilmu Kalam. Oleh sebab itu, mata kuliah ini akan menekankan pada pemahaman terhadap cara berpikir para mutakallimun dalam menetapkan pendapatnya.

            Tujuan utama dari kajian ini adalah untuk menjelaskan landasan keimanan umat Islam dalam tatanan yang filosofis dan logis. Mahasiswapun diharapkan akan dapat berargumentasi terhadap aqidah mereka. Akhirnya, dengan mengetahui keragaman cara berpikir para mutakallimun, mahasiswa diharapkan dapat menghargai perbedaan pendapat yang berkembang dalam masyarakat Muslim. 

            Adapun, pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah   ini adalah   pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student active learning) dengan  menvariasikan empat metode pembelajaran, yaitu: ceramah, presentasi makalah, diskusi dan dialog, penugasan.


Skill Level: Beginner