Pada matakuliah ini mahasiswa dibimbing untuk dapat mengembangkan kemampuannya dan memanfaatkan berbagai sumber belajar secara optimal untuk mampu memahami, menganalisis, merancang, dan mengkomunikasikan tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran, penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka disekolah, indicator penilaian pembelajaran biologi, teknik dan instrument penilaian kompetensi sikap, kisi kisi instrument dan skoring penilaian sikap (afektif, sikap ilmiah, self assessment, peer assessment, self regulation learning, self efficacy, instrument gaya belajar, insrtumen motivasi belajar, instrument nilai nilai keislaman), teknik dan instrument penilaian kompetensi pengetahuan (kognitif), kisi kisi instrument dan skoring penilaian pengetahuan (kognitif) (tes subjektif, dan tes objektif, metakognisi, literasi sains, HOTS, berpikir kritis, berpikir kreatif, miskonsepsi, pemahaman konsep), teknik dan instrument penilaian kompetensi keterampilan (psikomotorik), kisi kisi instrument dan skoring penilaian keterampilan (psikomotorik) (Keterampilan proses sains, keterampilan generic sains, metakognisi, penilaian ranah psikomotorik bloom, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi), assessment in science education, instrument peer assessment, self assessment, asesmen portofolio, asesmen kinerja (performance assessment), asesmen peta konsep, asesmen mind mapping), analisis pokok uji instrument penilaian ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik disekolah, hasil penilaian serta menggunakannya dalam diagnosis kesulitan belajar dan pengajaran remedial, serta mengkomunikasikan hasil penilaian.

 


Skill Level: Beginner