Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar matematika dengan menganalisis pernyataan-pernyataan seputar sifat-sifat dari fungsi bilangan real. Materi kuliah analisis riil ini meliputi kekonvergenan barisan dan deret bilangan real, limit dan kekontinuan fungsi real. Kegiatan mengekplorasi tentang sifat-sifat dari bilangan real dan fungsi real di kaji secara mendalam dan lebih komprehensip untuk memungkinkan mahasiswa dapat mentransformasikan cara belajar matematika pada pokok bahasan ini ke bidang matematika lainnya. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah agar calon guru mengerti bagaimana menggunakan matematika dasar sebagai dasar menalar untuk menyelesaikan masalah-masaah dunia rieal.

Konsep dan prosedur matematika dasar, seperti barisan dan deret bilangan real, limit dan kekontinuan fungsi real yang telah dimiliki oleh guru dapat dipandang sebagai alat-alat matematika. Pemahaman konsep dan prosedur ini menjadi prasyarat utama dalam kemampuan mengembangkan soal matematika dalam konteks.

Aktivitas yang dilakukan dalam perkuliahan analisis real adalah sebagai berikut: pertama, mahasiswa diajak untuk memahami struktur bahasa yang melekat pada penulisan pernyataan matematika; kedua, mahasiswa diajak untuk membahas secara mendalam tentang sistem simbol dalam bahawa tulisan matematika melalui pembahasan definisi, teorema, dan bukti yang mengiringinya; ketiga, mahasiswa diajarkan untuk mengembangkan penalaran matematika dengan mendiskusikan pembuktian teorema-teorema. Berkenaan dengan penalaran matematika dan menjadikan matematika sebagai alat pemecahan problem maka pembelajaran mata kuliah ini akan dikonstruksi sedemikian hingga guru/calon guru mempunyai bekal untuk mengajarkan dan mngembangkan materi matematika dasar berbasis konteks dan situasi dunia nyata.   

Mata Kuliah Prasyarat : Matematika Analisis dan Kalkulus       


Skill Level: Beginner