Mata kuliah ini membahas studi kelayakan bisnis, studi kelayakan perusahaan, pasar
permintaan dan penawaran dalam studi kelayakan bisnis, manfaat bagi investor, kreditor dan
pemerintah, implikasi manajemen pemasaran dalam studi kelayakan bisnis, studi pasar
formal dan informal, manajemen produksi dan operasional, tahap-tahap dalam analisis
teknikal, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian dalam studi
kelayakan bisnis, laporan keuangan dan arus kas, sumber daya manusia dalam studi
kelayakan bisnis, proyeksi laba rugi, neraca, dan aliran kas, aliran kas perusahaan, investasi,
ekonomi, sosial dan politik dalam studi kelayakan bisnis, eksternalitas, konsep persaingan
dalam studi kelayakan bisnis, analisis aspek manajemen dalam studi kelayakan bisnis,
pemahaman pelaksanaan bisnis secara mendalam, manajemen aspek komersial, analisis
mengenai dampak lingkungan, analisis aspek hukum, sistematika pengelolaan lingkungan
terhadap studi kelayakan bisnis, sumber dana, risiko terhadap berbagai aspek dalam studi
kelayakan bisnis