Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD/MI merupakan tindaklanjut dan bersifat penguatan dari perkuliahan sebelumnya. Jika semester sebelumnya  mahasiswa mempelajari materi-materi IPA SD/MI yang diajarkan di kelas rendah dan kelas tinggi, maka pada mata kuliah ini mahasiswa diarahkan bisa mempraktekkannya secara langsung, baik secara individu ataupun berkelompok (Peer teaching). Sebelum proses itu, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan landasan pendidikan, teori-teori belajar dan pendekatan pembelajaran IPA SD/MI, model dan metode pembelajaran IPA SD/MI yang tepat untuk kelas rendah dan kelas tinggi, hingga cara mempersiapkan segala perangkat pembelajarannya, mulai dari materi/bahan ajar IPA, RPP dan skenario pembelajaran, LKPD, media pembelajaran dan alat percobaan, dan alat evaluasi untuk pelaksanaan pembelajaran IPA SD/MI. Proses perkuliahan masih tetap menekankan pada kegiatan praktik secara langsung yang dilakukan mahasiswa guna mendorong partisipasi aktif mahasiswa untuk mempelajari dan mempraktekkan materi-materi perkuliahan IPA secara mandiri. Melalui mata kuliah ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar teori maupun praktek yang real, menyenangkan, dan bermakna bagi mahasiswa PGMI sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menjadi guru SD/MI yang profesional, khususnya dalam praktek mengajar IPA di Sekolah Dasar.

Dalam pelaksanaan perkuliahan dimulai dengan mahasiswa memahami secara konsep teori dan praktek dari pelaksanaan pembelajaran IPA di SD/MI. Setelah itu, mahasiswa diminta bisa mensimulasikannya dalam lingkup kecil (dalam kelas/ruangan kuliah) kemudian lingkup luas (terjun langsung ke sekolah), baik SD atau MI di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya. Diharapkan dengan penguasan teori dan praktek itu, mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh terkait pelaksanaan pembelajaran IPA di SD/MI guna persiapannya menjadi guru kelas yang profesional nanti.

Skill Level: Beginner