Mata Kuliah Pembelajaran IPS di MI/SD  merupakan lanjutan dan penguatan dari perkuliahan IPS sebelumnya. Jika semester sebelumnya  mahasiswa mempelajari Konsep dan materi-materi IPS di MI/SD  yang diajarkan di kelas rendah dan kelas tinggi, maka pada mata kuliah ini mahasiswa dapat  mempraktekkannya secara langsung, baik secara individu ataupun berkelompok (Peer teaching). Sebelum proses itu, mahasiswa dibekali dengan paradigma pembelajaran IPS abad 21, teori-teori belajar dan pendekatan pembelajaran IPS di MI/SD, model dan metode pembelajaran IPS di MI/SD  yang tepat untuk kelas rendah dan kelas tinggi, hingga cara mempersiapkan segala perangkat pembelajarannya, mulai dari materi/bahan ajar IPS, RPP dan skenario pembelajaran, LKPD, media pembelajaran dan alat evaluasi untuk pelaksanaan pembelajaran IPS di MI/SD. Proses perkuliahan masih tetap menekankan pada kegiatan praktik secara langsung yang dilakukan mahasiswa guna mendorong partisipasi aktif mahasiswa untuk mempelajari dan mempraktekkan materi-materi perkuliahan IPS secara mandiri. Melalui mata kuliah ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar teori maupun praktek yang real, menyenangkan, dan bermakna bagi mahasiswa PGMI sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menjadi guru SD/MI yang profesional, khususnya dalam praktek mengajar IPS di MI/SD.

Dalam pelaksanaan perkuliahan dimulai dengan mahasiswa memahami padigama konsep teori dan praktek dari pelaksanaan pembelajaran IPS di MI/SD. Setelah itu, mahasiswa diminta bisa mensimulasikannya dalam lingkup kecil (dalam kelas/ruangan kuliah) kemudian lingkup luas (terjun langsung ke sekolah), baik MI atau SD di Kota Bandar Lampung dan atau kampung masing-masing sekitarnya. Diharapkan dengan penguasan teori dan praktek itu, mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh terkait pelaksanaan pembelajaran IPS di MI/SD  guna persiapannya menjadi guru kelas yang profesional nanti sesui konteks abad 21.

Skill Level: Beginner