Mata Kuliah Pembelajaran
IPS di MI/SD
merupakan
lanjutan dan penguatan dari perkuliahan IPS sebelumnya. Jika semester
sebelumnya mahasiswa mempelajari Konsep
dan materi-materi IPS di MI/SD
yang
diajarkan di kelas rendah dan kelas tinggi, maka pada mata kuliah ini mahasiswa
dapat mempraktekkannya secara langsung,
baik secara individu ataupun berkelompok (Peer teaching). Sebelum proses
itu, mahasiswa dibekali dengan paradigma pembelajaran IPS abad 21, teori-teori
belajar dan pendekatan pembelajaran IPS di MI/SD,
model dan metode pembelajaran IPS di MI/SD
yang
tepat untuk kelas rendah dan kelas tinggi, hingga cara mempersiapkan segala
perangkat pembelajarannya, mulai dari materi/bahan ajar IPS, RPP dan skenario pembelajaran, LKPD, media pembelajaran dan alat
evaluasi untuk pelaksanaan pembelajaran IPS di MI/SD.
Proses perkuliahan masih tetap menekankan pada kegiatan praktik secara langsung
yang dilakukan mahasiswa guna mendorong partisipasi aktif mahasiswa untuk
mempelajari dan mempraktekkan materi-materi perkuliahan IPS secara mandiri.
Melalui mata kuliah ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar teori
maupun praktek yang real, menyenangkan, dan bermakna bagi mahasiswa PGMI sebagai
bekal pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menjadi guru SD/MI yang
profesional, khususnya dalam praktek mengajar IPS di MI/SD.
Dalam pelaksanaan perkuliahan dimulai dengan mahasiswa
memahami padigama konsep teori dan praktek dari pelaksanaan pembelajaran IPS di MI/SD.
Setelah itu, mahasiswa diminta bisa mensimulasikannya dalam lingkup kecil (dalam
kelas/ruangan kuliah) kemudian lingkup luas (terjun langsung ke sekolah), baik
MI atau SD di Kota Bandar Lampung dan atau kampung masing-masing sekitarnya.
Diharapkan dengan penguasan teori dan praktek itu, mahasiswa memiliki
pengetahuan yang utuh terkait pelaksanaan pembelajaran IPS di MI/SD guna persiapannya menjadi guru kelas yang profesional nanti
sesui konteks abad 21.
- DOSEN: BAHARUDIN, M.Pd. Dosen