Pada matakuliah ini mahasiswa dibimbing untuk dapat mengembangkan kemampuannya dan memanfaatkan berbagai sumber belajar secara optimal untuk memahami hakikat, definisi, jenis jenis penilaian sumatif dan formatif; mendeskripsikan berbagai instrumen dalam evaluasi pembelajaran biologi di sekolah; menghubungkan antara KI, KD, Indikator pembelajaran, dan evaluasi pada pembelajaran biologi; mendesain evaluasi pembelajaran biologi yang berbasis taksonomi bloom revisi, metakognisi, keterampilan proses sains, keterampilan generik sains, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir logis,kemampuan berpikir tingkat tinggi, kemampuan berpikir produktif, literasi sains, literasi digital, literasi kuantitatif, literasi numerik, kemampuan pemecahan masalah sesuai indikator capaian materi biologi; mendesain evaluasi pembelajaran biologi ranah afektif dan psikomotorik, asesmen portofolio, dan asesmen kinerja; mempraktikkan analisi pokok uji/analisis butir soal untuk instrumen evaluasi ranah kognitif, afektif, psikomotorik; dan menganalisis penilaian acuan patokan dan normatif sesuai hasil penilaian dalam pembelajaran biologi


Skill Level: Beginner