Islam sebagai agama menegaskan bahwa eksistensi utama manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah, yaitu senantiasa berperilaku sesuai dengan tuntunan-Nya, termasuk dalam aspek mu’amalah antara sesama manusia. Tuntunan Allah dalam konteks mu’amalah secara global menjamin adanya keadilan, kejujuran, dan bersih dari unsur-unsur kezaliman. Lebih dari itu, mu’amalah dalam Islam tidak hanya berorientasi profit secara proporsional tetapi juga mengutamakan nilai-nilai kepedulian (sosial) antar sesama. Nilai-nilai tersebut dapat diakses lewat dua sumber utama, al-Qur’an dan al-Hadits.

Mata kuliah ini dirancang untuk membangun kompetensi mahasiswa dalam bidang penggalian hukum (istinbath al-ahkam) dalam konteks muamalah. Tidak hanya memperkaya wawasan mereka tentang dalil-dalil seputar tema-tema muamalah tapi juga membiasakan mereka mengaplikasikan teori-teori seperti ushul al-fiqh, Bahasa Arab, Fikih Muamalah, Studi al-Qur’an, Ilmu Hadis, dan sebagainya.

Pada dasarnya mata kuliah ini adalah integrasi antara dua mata kuliah; Tafsir al-Ahkam dan Hadits al-Ahkam. Tidak hanya sekedar efisiensi waktu, pengintegrasian ini juga karena mengingat korelasi dan relevansi yang kuat antara keduanya. Sehingga terkonstruk suatu pemahaman/kesimpulan yang integral, utuh, mendalam, kontekstual, dan tidak parsial.

Skill Level: Beginner