• Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Kalkulus Diferensial merupakan mata kuliah wajib pada semester II dengan beban studi 3 sks. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep dasar mengenai limit dan turunan serta penggunaannya termasuk limit dan turunan fungsi-fungsi khusus. Selain itu, mahasiswa diharapkan memahami hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana limit dan turunan ini akan disajikan kepada siswa sekolah menengah dan mampu untuk mengajarkannya dengan baik. Pelaksanaan kuliah secara Daring memalui E-Learning. Selain itu mahasiswa juga diwajibkan untuk bisa belajar lebih mandiri dengan mempelajari sumber belajar digital yang telah disediakan dan dari sumber lainnya. Penilaian dalam kuliah ini dilakukan dengan menggunakan Tugas, UTS, UAS, keaktifan.

  • Capaian Pembelajaran Mata kuliah

C.1 Competence 

  1. Mahasiswa mampu menguasai materi, struktur, dan konsep mengenai limit dan turunan serta penggunaan turunan termasuk limit dan turunan pada fungsi-fungsi khusus. 
  2. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dan keilmuan mengenai limit dan turunan serta penggunaan turunan untuk memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik melalui komunikasi yang efektif dan empatik. 
  3. Mahasiswa mampu mengembangkan sikap belajar matematika dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sosial termasuk mampu bekerja sama dengan mahasiswa lain.

C.2 Conscience 

  1. Terbuka, jujur, tekun, disiplin dan cermat.

C.3 Compassoin 

  1. Mahasiswa mampu berkolaborasi dengan mahasiswa lainnya dengan kesadaran bahwa keberhasilan bersama lebih penting daripada keberhasilan individu. 

D. Materi Kuliah

Secara umum, mata kuliah Kalkulus Diferensial memuat tiga topik besar, yaitu limit, turunan, dan penerapan turunan. Akan tetapi, sebelum masuk ke dalam ketiga topik tersebut, mahasiswa diingatkan kembali materi-materi prasyaratnya, yaitu pertidaksamaan, nilai mutlak, dan fungsi. Secara rinci, materi-materi yang akan dipelajari mahasiswa adalah sebagai berikut.


Pra-kalkulus 

  1. Pertidaksamaan dan nilai mutlak 
  2. Model-model matematis 
  3. Fungsi baru dari fungsi lama 
  4. Permasalahan garis singgung dan kecepatan.

Limit Fungsi

  1. Limit suatu fungsi 
  2. Definisi formal limit 
  3. Teorema-teorema limit 
  4. Limit-limit trigonometri
  5. Limit di tak hingga dan limit tak hingga 
  6. Kekontinuan fungsi.

Turunan 
  1. Turunan 
  2. Turunan sebagai suatu fungsi 
  3. Aturan rantai 
  4. Turunan implisit 
Penerapan Turunan 

  1. Nilai maksimum dan minimum 
  2. Turunan dan grafik fungsi 
  3. Rangkuman sketsa grafik.


Skill Level: Beginner