Perkuliahan
evaluasi hasil dan proses pembelajaran fisika memberikan dasar pemahaman
evaluasi pendidikan yang mencakup: penguasaan tujuan dan fungsi penilaian;
peran evaluasi dalam PBM; prosedur dan bentuk evaluasi; kemampuan yang dinilai;
perencanaan, penyusunan, analisis pokok uji, validitas dan reabilitas
tes/perangkat tes (konsep dan keterampilan proses); pengolahan hasil penilaian;
asesmen kinerja, termasuk portofolio, penilaian praktikum; dan penilaian
berbasis kelas. Serta penyusunan instrumen penilaian HOTs, kemampuan berpikir
kritis, kemampuan berpikir kreatif, pemahaman konsep, literasi sains,
keterampilan proses sains,
kemampuan kolaborasi dan
penilaian terintergrasi nilai-nilai islam. Selesai mengikuti perkuliahan ini
mahasiswa diharapkan memahami hakekat evaluasi dan perananya dalam PBM Fisika,
evaluasi proses dan hasil belajar siswa serta mampu memanfaatkannya dalam
menyusun evaluasi pembelajaran fisika atau instrumen penelitian pendidikan.
- DOSEN: YANI SURYANI M.Pd. Dosen