Pembahasan Mata kuliah metode penelitian tafsir ini sangat jelas yaitu sejalan dengan substansi program studi, sama halnya dengan program studi lain yang mengkhususkan materi mata kuliah penelitian sesuai dengan substansi prodi bersangkutan. Berkenaan dengan penelitian tafsir tidak lagi berkutat membahas metode tafsir atau semisal metode takhrij melainkan implementasi dari metode tersebut. Artinya metode pokok tersebut sebagai bagian dari instrumen dalam mengkaji dan melakukan penelitian tafsir dan ulumul Quran.

Orientasi mata kuliah ini diarahkan pada kajian seputar corak penafsiran suatu kitab tafsir, metode pemikiran mufasir termasuk pemetaan hasil penelitian tentang tafsir.  Selain itu dikembangkan juga penelitian mengenai bagian ilmu-ilmu Alquran seperti pemahaman mufasir tentangnya ataupun penerapan dalam penafsiran. Bahkan lebih jauh lagi berupaya menggali konsep ilmu Alquran dalam sebuah penelitian.

Diantara tujuan dari mata kuliah ini diupayakan sebagai bekal untuk mahasiswa dalam penulisan skripsi. Oleh sebab itu diharapkan dari ending perkuliahan ini mahasiswa sudah dapat menyiapkan proposal penelitian skripsi terkait dengan kajian tafsir atau ulumul Quran.


Skill Level: Beginner