Matakuliah Studi Al-Qur’an pada Program Pascasarjana UIN Raden Intan ini termasuk matakuliah dasar (MKD) yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa. Bagi mahasiswa yang sebelumnya menempuh Program Sarjana pada PTAI, sebagian materi dalam matakuliah ini telah pernah diperoleh dalam matakuliah Ulumul Qur’an dan Tafsir. Oleh karena itu dalam program ini penyajian matakuliah ini diusahakan terhindar dari pengulangan-pengulangan.

Matakuliah ini dirancang dengan mengacu pada sasaran akhir perkuliahan, yaitu untuk menyegarkan kembali pengetahuan mahasiswa tentang Al-Qur’an dan Ulum al-Qur’an, memahami Al-Qur’an sebagai sumber utama dalam ilmu keislaman dan landasan dalam segala aspek kehidupan, serta mengkaji bagaimana para mufassirin memahami Al-Qur’an.

Perkuliahan ini diarahkan pada kemandirian studi dengan penekanan pada kemampuan membaca, dengan langkah-langkah antara lain melakukan refreshing tentang ilmu Al-Qur’an dan tafsir, pendalaman terhadap kajian Al-Qur’an dan Ulum al-Qur’an, serta penjelajahan terhadap beberapa kitab tafsir dan studi kritis terhadap karya mufassirin atau ahli Ulum al-Qur’an.


Skill Level: Beginner