Dengan mata kuliah ini diharapkan dikuasai kompetensi-kompetensi yang berkaitan dengan besaran dan satuan, konsep kinematika dan dinamika, konsep energi dan kekekalan energi, usaha, daya, termodinamika.

Standar Kompetensi Mata Kuliah

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip dan konsep dasar mekanika dan termodinamika untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fisika dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi/ Sumber Bahan

A.     Wajib

1.       Serway, Raymond A dan Vuille, Chris. (2012). College Physics 9th Edition. Boston: Brooks/Cole.

B.     Lampiran

1.       Abdullah, Mikrajuddin. (2016). Fisika Dasar I. Bandung: ITB.

Penilaian

A.     Memenuhi syarat kehadiran

Jika persentase kehadiran mahasiswa kurang dari 80% maka nilai akhir tidak diberikan dan mahasiswa dinyatakan tidak lulus.

B.     Tugas Mandiri

Tugas mandiri diberikan kepada mahasiswa adalah untuk mendalami bahan kuliah yang telah diberikan. Jumlah tugas mandiri 10 buah dipilih pada bahan yang dianggap penting. Bobot untuk Tugas Mandiri adalah sebesar 25%.

C.     Ujian Tengah Semester

Bahan ujian tengah semester adalah bahan yang telah diberikan. Jumlah soal dalam ujian tengah semester adalah 10 buah. Bobot ujian tengah semester adalah 35%.

D.    Ujian Akhir Semester

Bahan ujian akhir semester adalah seluruh bahan yang telah diberikan. Jumlah soal dalam ujian akhir semester adalah 10 buah. Komposisi soal terdiri dari 4 soal mudah, 3 soal sedang dan 3 soal sulit. Bobot ujian akhir semester adalah 40%.


Skill Level: Beginner