Mata kuliah ini dibagi menjadi dua yakni Perkembangan Pemikiran Islam (al-hadharahal-fikriyah) dan Perkembangan Peradaban Islam (al-hadharah al-‘umraniyah). Perkembangan Pemikiran Islam disajikan bersamaan dengan Perkembangan Peradaban Islam.

Perkembangan Pemikiran Islam akan mengeloborasi perkembangan pemikiran pada periode klasik (650-1250), pertengahan (1250-1800) dan modern (1800-sekarang), yang didalamnya penuh dengan dinamika, baik pemikiran dalam bidang teologi, tasawuf, filsafat dan politik. Untuk membedah pemikiran dapat ditempuh dua pendekatan, yakni pendekatan tokoh dan pendekatan tematik. Pendekatan tokoh yaitu mendeskripsikan pemikiran tersebut dibangun dengan melihat sosio historis dan faktor-faktor yang mempengaruhi, namun tidak ada diskursus yang perlu dipertajam. Pendekatan tematik adalah mengedepankan tema-tema penting tentang teologi, tasawuf, filsafat dan politik, yang didalamnya terdapat diskursus antara tokoh-tokoh dalam bidangnya masing-masing. Diskursus ini dapat membuka wawasan dan berpikir inklusif.

Perkembangan Peradaban Islam juga akan mengeloborasi perkembangan peradaban pada periode klasik (650-1250), pertengahan (1250-1800) dan modern (1800-sekarang), yang didalamnya tercatat capaian peradaban Islam yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peradaban Islam yang menjadi titik tekan dalam mata kuliah ini adalah capaian peradaban dalam bidang pendidikan sejak masa khulafaurrasyidin, bani Umayyah, bani Abbasiyah, dan tiga kerajaan besar yakni Mongul di India, Safawi di Iran, dan Turki di Ottoman yang kemudian direfleksikan untuk masa kini dan mendatang dalam rangka meneropong, mengidentifikasi, lalu mungkin dapat mengembangkan peradaban Islam baru.

Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Pengantar Keahlian (MPK) Program Studi yang diberikan kepada mahasiswa program studi S2 Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai sejarah Kebudayaan dan Pemikiran Islam. yang meliputi: Pengertian: Sejarah, Kebudayaan dan Pemikiran Islam; Sejarah Kebudayaan dan Pemikiran Pra Islam, SKI dan Pemikiran Islam Masa Nabi, SKI dan Pemikiran Islam masa Khulafaur Rasyidiin, SKI dan Pemikiran Islam Periode Klasik, SKI dan Pemikiran Islam Masa Pertengahan, SKI dan Pemikiran Islam Masa Modern; SKI dan Pemikiran Islam di Spanyol, SKI dan Pemikiran Islam di Indonesia.SKI dan Gerakan-gerakan Pemikiran Modernis Islam di Indonesia dan pengaruhnya terhadap munculnya aliran-aliran dan organisasi Islam di Indonesia.


Skill Level: Beginner