1.    Manfaat Mata Kuliah 

Fisika Kuantum merupakan matakuliah komponen program studi yang wajib diikuti mahasiswa program studi Pendidikan fisika semester 5. Dimaksudkan untuk mengembangkan landasan berpikir dan wawasan keilmuan mahasiswa terhadap konsep hukum-hukum Newton (Fisika Klasik), yang tidak dapat menjelaskan hasil eksperimen dengan tepat. Sehingga dikembangkan konsep baru dalam fisika yang kemudian dikenal dengan Mekanika Kuantum.

      2.    Deskrispsi   Mata Kuliah 

Matakuliah ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan benda-benda subatomik dengan menggunakan fungsi gelombang dan spektrum energi yang diperoleh dari penyelesaian persamaan Schrodinger. Pada bagian pertama dibahas materi Mekanika Kuantum yang mencakup tentang hasil-hasil eksperimen yang mendasari timbulnya teori Kuantum seperti radiasi benda hitam menurut Planck, efek foto listrik, efek Compton, difraksi elektron, postulat Bohr. Dengan menggunakan definisi-definisi persamaan gelombang elektromagnetik, dualisme gelombang-partikel menurut de Broglie, kuantisasi energi foton menurut Planck, persamaan Schrodinger dijabarkan dengan pendekatan inkuiri. Aplikasi rumusan persamaan Schrodinger pada sistem potensial sederhana, osilator harmonik satu dimensi dan atom hidrogen. Spektrum energi dan fungsi gelombang diperoleh dari penyelesaian persamaan Schrodinger. Matakuliah ini merupakan landasan bagi kuliah pendahuluan fisika zat padat dan fisika inti.

3.    Standar Kompetensi     

Setelah mengikuti proses pembelajaran Fisika Kuantum, mahasiswa diharapkan mampu mengenal serta memahami gejala-gejala kuantum  melalui penalaran, dan mahasiswa mampu menerapkan berbagai teori kuantum dalam contoh-contoh sistem kuantum sederhana


Skill Level: Beginner