Matakuliah Bahasa Inggris bertujuan memberikan review dan latihan-latihan kepada para mahasiswa agar dapat menggunakan bahasa Inggris yang telah dipelajari di sekolah menegakkan secara aktif. Kegiatan perkuliahan berupa latihan membaca, memahami dan meningkatkan kosa kata dari naskah-naskah dan buku teks matematika, serta latihan mengungkapkan kembali atau mengkomunikasikan isi bacaan atau gagasan-gagasan terkait dengan bidang matematika baik secara tertulis maupun lisan.


Chemistry : Study of Change

Kimia adalah ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Unsur dan senyawa adalah zat-zat yang terlibat dalam perubahan kimia

Setiap Ilmu menggunakan metode ilmiah (scientific methode) : suatu pendekatan sistematik untuk melakukan penelitian.

Penelitian akan memperoleh data yang bersifat kualitatif, terdiri atas hasil-hasil pengamatan umum tentang sistemnya, maupun bersifat kuantitatif, berupa angka-angka yang diperoleh lewat berbagai pengukuran terhadap system.

Teori adalah suatu perinsip penyatu yang menjelaskan sekumpulan fakta atau hokum-hokum yang diperoleh berdasarkan fakta-fakta tersebut.


kalkulus lanjut membahas tentang integral lanjutan

Perkuliahan ini bertujuan utuk membimbing mahasiswa agar dapat memahami filosofi, konsep, dan langkah-langkah penelitian ilmiyah (kuantitatif, kualitatif, mixed methode) secara komprehensif, serta dapat mengaplikasikan salah satu desian ataupun jenis penelitian  dalam penelitian pendidikan.

Perkuliahan ini dilaksanakan melalui metode ceramah, penugasan secara berkelompok dan individu,  dan perbincangan melalui e-learning. 

Tugas Kelompok: Melakukan ekplorasi melalui buku-buku Metodologi Penelitian Pendidikan, buku-buku Metodologi Penelitian Sosial (Timur, Barat, Eropah, Indonesia dan berbagai negara di dunia), artikel-artikel ilmiyah tentang Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode) dan aplikasi Metodologi Penelitian tersebut dari berbagai jurnal bereputasi sesuai dengan topik-topik yang diberikan. Menulis hasil ekplorasi tersebut dalam format artikel (concept paper).

Tugas Individu: Merancang Proposal Penelitian sesuai dengan rencana penelitian yang akan dijalankan masing-masing.

Kriteria evaluasi/penilaian yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah menggunakan standart yang diatur oleh pedoman akademik UIN Raden Intan Lampung.


Micro teaching adalah suatu tindakan atau kegiatan latihan belajar-mengajar dalam situasi laboratoris (Sardirman, Interaksi Motivasi Belajar Mengajar).

Ciri-ciri pokok Micro Teaching :
1. Jumlah subyek belajar sedikit sekitar 5-10 orang
2. Waktu mengajar terbatas sekitar 10 menit
3. Komponen mengajar yang dikembangkan terbatas
4. Sekadar real teaching

Maksud dan tujuan micro teaching
Maksud yaitu meningkatkan performance yang menyangkut keterampilan dalam mengajar atau latihan mengelola interaksi belajar mengajar.
Tujuan adalah membekali calon guru sebelum sungguh-sungguh terjun ke sekolah tempat latihan praktek kependidikan untuk praktek mengajar (Sardiman, Interaksi Motivasi Belajar Mengajar ).

Perkuliahan nilai awal dan syarat batas memberikan pemahaman/wawasan tentang konsep-konsep dan aplikasi nilai awal dan syarat batas yang meliputi: (1) pengantar nilai awal syarat batas dengan PD tingkat satu derajat satu, (2) aplikasi PD Tingkat Satu seperti: peluruhan radioktif, pertumbuhan populasi, hukum pendinginan Newton, rangkaian listrik sederhana RL dan RC, trayektori ortogonal, (3) model matematika dengan PD variabel bebas dan tak bebas, dan (4) fungsi Laplace.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu berpikir secara logis, analitis, sistematis, dan kreatif dalam memecahkan permasalahan-permasalahan dasar dalam kehidupan sehari-hari dan lintas disiplin ilmu dengan konsep-konsep dasar yang ada di nilai awal dan syarat batas.