Mata kuliah ini akan membahas yang ada relevansinya dengan hukum keluarga terutama diseputar perkawinan, batas usia perkawinan, perceraian, poligami dan lain sebagainyabaik yang berlaku di Indonesia maupun di negara Muslim di seluruh dunia.

Mata kuliah ini membahas tentang wawasan yang komprehensif, sistematis dan terpadu tentang pengembangan kurikulum pada satuan pendidikan (persekolahan) menurut jalur, jenis dan jenjang pendidikan, mengacu pada pembahasan konsep-konsep aktual mengenai pengembangan kurikulum, ruang lingkup pengembangan kurikulum PAI, masalah dan kendala dalam implementasi kurikulum PAI, tahapan-tahapan dalam pengembangan  kurikulum serta analisis dan identifikasi kurikulum.


Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum PAI ini memuat pemahaman secara menyeluruh dari Konsep sampai dengan implementasi kurikulm PAI yag dapat dihasilkan menjadi acuan bahan ajar dan acuan yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran

Matakuliah Studi Al-Qur’an pada Program Pascasarjana UIN Raden Intan ini termasuk matakuliah dasar (MKD) yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa. Bagi mahasiswa yang sebelumnya menempuh Program Sarjana pada PTAI, sebagian materi dalam matakuliah ini telah pernah diperoleh dalam matakuliah Ulumul Qur’an dan Tafsir. Oleh karena itu dalam program ini penyajian matakuliah ini diusahakan terhindar dari pengulangan-pengulangan.

Matakuliah ini dirancang dengan mengacu pada sasaran akhir perkuliahan, yaitu untuk menyegarkan kembali pengetahuan mahasiswa tentang Al-Qur’an dan Ulum al-Qur’an, memahami Al-Qur’an sebagai sumber utama dalam ilmu keislaman dan landasan dalam segala aspek kehidupan, serta mengkaji bagaimana para mufassirin memahami Al-Qur’an.

Perkuliahan ini diarahkan pada kemandirian studi dengan penekanan pada kemampuan membaca, dengan langkah-langkah antara lain melakukan refreshing tentang ilmu Al-Qur’an dan tafsir, pendalaman terhadap kajian Al-Qur’an dan Ulum al-Qur’an, serta penjelajahan terhadap beberapa kitab tafsir dan studi kritis terhadap karya mufassirin atau ahli Ulum al-Qur’an.