Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan memahami konsep pengembangan lembaga dakwah , mensurvay potensi, mengidentifikasi kebutuhan pengembangan, mendesain projek pengembangan lembaga dakwah, praktik menjadi konsultan manajemen lembaga dakwah. Kemampuan ini untuk merespon realitas lembaga-lembaga dakwah yang ada, dimana tidak sedikit dari lembaga-lembaga tersebut yang mengalami stagnasi, bahkan sampai pada kondisi hanya “organisasi Papan Nama”, hanya papan namanya saja yang ada, atau kondisinya “laa yamutu walaa yahya”, tidak dapat merngembangkan diri.  Maka mata kuliah ini dimaksudkan, agar mahasiswa dapat memiliki pengetahuan tentang manajemen pengembangan lembaga dakwah dan dapat berperan aktif dalam mengembangkan  lembaga-lembaga dakwah yang ada, agar dapat survipe sesuai dengan kemajuan dan perkembangan zaman. 


Mata Kuliah ini bisa diambil setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Ilmu Dakwah dan Mata Kuliah Islam dan Lingkungan Hidup.

Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) merupakan kegiatan pengganti KKN Reguler Tahun 2020 dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 Tahun 2020.

Diharapkan mahasiswa setelah mengikuti erkuliahan ini dapat memahami 

Pengertian Komunikasi, Unsur-Unsur dan Jenis-Jenis Komunikasi, Teori-Teori Komunikasi,  Model-Model Komunikasi, Fungsi dan Tujuan Komunikasi, Komunikasi Interpersonal. Komunikasi Kelompok, Komunikasi  Massa,  Media Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Kredibilitas Komunikasi,  Psikologi Komunikasi,                        Komunikasi Persuasif  Dalam Berdakwah, Komunikasi Sosial dan  Ujian Akhir Semester.