Informasi E-Learning UIN Raden Intan Lampung

TOT elearning UIN Raden Intan

door Muhammad Ma'mur, S.Kom.,M.Pd. -

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Raden Intan yang dikomandani oleh Bapak Dr. Deden Makbuloh telah sukses melaksanakan kegiatan Training On Trainer yang dilaksanakan pada hari Senin hingga Rabu tanggal 22 s.d. 24 Oktober 2018  di Gedung ICT Lantai 3. Dalam sambutannya beliau menyampaikan amanat bahwa dengan terlaksananya kegiatan ini para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat menyerap materi yang cukup baik agar kelak dapat menjadi trainer bagi lembaga maupun fakultas ditempatnya masing-masing sehingga pemanfaatan elearning dalam proses pembelajaran akan memiliki porsi yang lebih banyak.

Kegiatan TOT kali ini sengaja menghadirkan pakar elearning bapak Dr.Ridwan Zein selaku Trainer dari Jogja. Peserta yang mengikuti kegiatan ini merasa cukup puas karena banyak pertanyaan dan masalah yang disampaikan telah terjawab dan diberikan solusinya.


(Edited by Admin Raden Intan - original submission Thursday, 8 November 2018, 8:55 AM)

Sambutan Rektor

door R. Zain; NCIE Team Leader -

Assalaamu’alaukum Wr. Wb.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT) dewasa ini merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan efektifitas serta kualitas pendidikan. Penyelesaian masalah yang terkait dengan isu-isu dunia pendidikan seperti: kualitas dan relevansi pendidikan, akses dan ekuitas pendidikan, rentang geografi, manajemen pendidikan, otonomi dan akuntabilitas, efisiensi dan produktivitas, anggaran dan sustainabilitas, penyelesaiannya memerlukan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Education based ICT menjadi instrumen dalam proses interaksi manajemen dan administrasi  pendidikan. Dalam kontek pendidikan ICT digunakan oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam meningkatkan kualitas, produktivitas, efektifitas dan akses pendidikan.

E-learning akan semakin kita butuhkan seiring dengan proses transformasi kelembagaan dari IAIN Raden Intan Menjadi UIN. Sebab, Pertama, melalui e-learning  penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan dapat dilakukan secara on-line. Kedua, e-learning akan semakin memperkaya proses belajar sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi. Ketiga, e-learning memperkuat model belajar konvensional di dalam kelas, melalui pengayaan content dan pengembangan teknologi pendidikan.

Demikian, semoga melalui e-learning ini kita dapat meningkatkan mutu layanan kita terhadap mahasiswa dan sekaligus juga meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb. 

PROF.DR. MOH. MUKRI.M.AG


Oudere onderwerpen...